Kamis, 07 April 2011

"Aku anak akar-rumput"

Aku anak akar-rumput
syair buat Tuan Marzuki Alie

1

aku anak akar rumput
dari negriku bernama Indonesia
tahukah Tuan di mana negri itu?


kata nyanyian luas negriku
berjajar-jajar dari barat ke timur
dari aceh sampai batas timur papua

aku anak akar rumput
tapi anak sejarah tanahairku
dengarlah Tuan apa kata sejarah!

aku punya kisah adalah kisah
akar rumput di tanahair sendiri
yang harus kukisahkan kepada Tuan

kisah itu kisah tentang kerja
membanting-tulang tak kenal lelah
membangun kejayaan nusantara

nenekmoyangku, akh nenekmoyangku!
mungkin bukan nenekmoyang Tuan
karena elite bukan ilmuwan pun bukan

tapi nenekmoyangku itulah
telah membikin nusantara ialah nusantara
telah membikin Indonesia ialah Indonesia

nusantara bukan kisah bikinan elite
Indonesia bukan sejarah para ilmuwan

dari dahulu sampai sekarang
siapa telah membuka sawah
siapa telah membuka ladang
siapa telah membangun Borobudur

siapa telah merebut kemerdekaan
siapa?

bukan elite bukanlah ilmuwan
bukan penggede bukanlah Tuan

siapa itu elite, ya Tuan?
itulah the leisure class yang mulia
tega ongkang-ongkang tanpa keringat


2

aku anak akar rumput
negri ini negri tanahirku

aku tahu keringatku belum kering
dan tidak akan kering selamanya
selagi kisah belum habis ditulis

kisah sejarah membangun negri
bukan sekedar membangun mahligai
tempat Tuan bersantai-santai bersama

para elite dan orang-orang pinter
menari-nari di atas tulang belulang
si akar rumput yang bodoh dan bebal


bumiserpongdamai 4 april 2011
hersri

0 komentar:

Posting Komentar